1001 Manfaat Susu Kedelai Bagi Ibu Hamil

1001 Manfaat Susu Kedelai Bagi Ibu Hamil - Susu untuk ibu hamil sudah lama banyak dibicarakan oleh berbagai ahli nutrisi khusus untuk ibu hamil. Manfaat susu bagi ibu hamil dibutuhkan bukan hanya untuk ibu tapi juga janin. Pada dasarnya ada beberapa jenis susu yang bisa diminum ibu hamil seperti susu sapi, susu kambing, susu kedelai, susu kacang hijau, dan susu almond. Seperti manfaat susu anmum materna untuk ibu hamil yang bisa mencegah berbagai masalah kesehatan selama hamil sebagai akibat ibu hamil jarang minum susu hamil. Namun untuk ibu hamil susu kedelai menjadi jenis susu yang paling mudah didapatkan, dan bahkan harganya juga terjangkau. Susu yang dibuat dari bahan kedelai ini kaya dengan nutrisi kompleks dengan cara pembuatan yang cukup bersih. Susu kedelai biasanya dibuat dengan produksi di rumah dan tidak melewati proses pasteurisasi serta tidak tahan lama.

1001 Manfaat Susu Kedelai Bagi Ibu Hamil


Berikut merupakan manfaat susu kedelai bagi ibu hamil :

Manfaat Susu Kedelai Untuk Jantung Ibu Hamil

Susu kedelai mengandung nutrisi utama berupa lemak tak jenuh dan tidak mengandung kolesterol. Dua asam lemak tak jenuh dalam susu kedelai bisa membantu mencegah pembentukan kolesterol dari sumber lemak makanan dan minuman lain. Sehingga ini sangat baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan mencegah pembentukan plak kolesterol dalam pembuluh darah. Kemudian efeknya juga bisa meningkatkan kadar lipoprotein yang bisa membuat kesehatan jantung terus membaik. Ini sangat baik untuk ibu hamil dengan riwayat penyakit jantung.

Membantu penyerapan kalsium

Ibu hamil membutuhkan tingkat kalsium yang lebih tinggi yaitu sekitar 1200 mg per hari. Ada banyak sumber makanan yang mengandung kalsium seperti yogurt, susu, keju, ikan sarden, semua sayuran hijau, jeruk dan kedelai. Susu kedelai yang terbuat dari bahan kedelai mengandung bahan fitoestrogen yang bisa membantu tubuh menyerap kalsium dengan baik. Efeknya maka ibu hamil tidak akan kekurangan kalsium. Dan kalsiun menjadi nutrisi penting karena bisa membangun pembentukan jaringan tulang, gigi dan rambut untuk janin. Efeknya juga bisa mencegah osteoporosis untuk wanita yang sudah masuk tahap menopause. 

Mencegah tekanan darah tinggi

Penyakit tekanan darah tinggi pada ibu hamil bisa menjadi kondisi yang sangat berbahaya. Preklamsia bisa membuat ibu hamil mengalami kelahiran prematur dengan resiko kematian ibu dan bayi yang sangat tinggi. Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil bisa mencegah semua masalah hipertensi dalam kehamilan, karena susu kedelai kaya dengan asam omega 3 dan asam omega 6. Selain itu susu kedelai juga mengandung fito-antioksidan yang akan  bekerja untuk melindungi pembuluh darah. Bahan ini akan menjaga pembuluh darah agar lentur, sehat dan lebih fleksibel.

Mencegah obesitas untuk ibu hamil
Seiring dengan penambahan jumlah usia kehamilan maka berat badan ibu hamil juga akan naik. Hal ini sangat wajar karena berat badan janin juga bertambah. Minum susu kedelai yang mengandung kadar gula alami lebih kecil dibandingkan susu sapi dan susu kambing memang sangat menyehatkan. Susu kedelai bisa membantu mengelola berat badan ibu hamil sehingga tidak terkena bahaya obesitas bagi ibu hamil, salah satunya seperti bayi besar dalam kandungan.

0 Response to "1001 Manfaat Susu Kedelai Bagi Ibu Hamil"

Poskan Komentar