Header Ads

test

Bahaya Terlalu Sering Memakan Mie Instan

Bahaya Terlalu Sering Memakan Mie Instan - Apakah anda menyukai mie instan.? Apakah anda sering memakannya.? Seberapa seringkah hal itu.? Lalu apakah anda tahu dibalik nikmatnya mie instan terdapat bahaya jika kita memakannya terlalu berlebihan.


Mie Instan adalah Mie yang sudah dimasak terlebih dahulu dan dicampur dengan minyak, dan bisa dipersiapkan untuk konsumsi hanya dengan menambahkan air panas dan bumbu - bumbu yang sudah ada dalam paketnya.

Apa Bahayanya Jika Terlalu Sering Memakan Mie Instan.?

Sebenarnya sudahbanyak yang paham bahwa Mie Instan adalah makanan yang memiliki bahaya dan tidak baik untuk dikonsumsi berlebih. Namun efek mengenyangkan juga harga yang murah menjadi alasan utama mengapa makanan yang mengancam kesehatan ini tetap laku terjual habis. Untuk selanjutnya, berikut merupakan bahaya jika terlalu sering memakan mie instan.
  • Diabetes. Mie Instan meski memiliki rasa cenderung gurih juga mengandung banyak kandungan gula di mana dapat menyebabkan penyakit Diabetes. Secara tidak langsung kandungan gula tersebut diserap secara baik oleh tubuh kita.
  • Kencing manis. Kandungan gula yang melimpah dalam Mie Instan juga memicu kita terjangkit kencing manis. Bisa saja mencapai Diabetes, bisa juga memang karena kandungan gula keluar dalam air seni.
  • Meningkatkan kadar kolesterol. Makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol bukan hanya makanan bersantan atau aneka makanan laut tetapi ternyata Mie Instan juga menjadi salah satu makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol karena kandungan garam yang tinggi.
  • Mengganggu hormon bagi wanita. Mie Instan yang dikonsumsi rutin atau berlebihan bagi wanita memberi bahaya tersendiri salah satunya mengangganggu hormon karena Sodium yang terkandung dalam Mie Instan. Hal ini menyebabkan jadwal bulanan seperti menstruasi dapat terganggu hingga menimbulkan jerawat.
  • Menggangu hormon seks bagi pria. Jika bagi wanita menganggu hormon bulanan, bagi pria efek negatif Mie Instan juga berlaku. Mie Instan yang kaya kan zat kimia akan mengganggu hormon pria dalam hal seks di mana mereka tidak dapat mengontrol gairah seks mereka.
  • Memicu tekanan darah tinggi. Pada umumnya tekanan darah seseorang normalnya adalah 130/80. Tetapi Mie Instan akan menaikannya alias memicu tekanan darah tinggi terjadi karena zat kimia berbahaya di dalamnya yang tidak terlihat.
  • Kerusakan hati. Mengkonsumsi mie instan yang terlalu sering atau rutin dapat menyebabkan kerusakan hati. Mie Instan mengandung zat berbahaya salah satunya Proplene Glycol yang jelas merusakan dan menganggu kerja hati.
  • Gagal Ginjal. Kandungan Proplene Glycol juga mengundang penyakit lain yaitu merusak kerja ginjal sebagai salah satu organ vital dalam tubuh kita. Penyakit ginjal tersebut berupa penyakit gagal ginjal.
Masih banyak hal lain yang juga dapat diakibatkan oleh konsumsi mie berlebihan. Mengkonsumsi mie dapat anda rasakan jika anda memahami cara memakan mie dengan baik dan sehat. Intinya tidak boleh berlebihan, apalagi memakan mie beberapa kali dalam satu hari. Hal tersebut tidak baik bagi kesehatan anda.

Lalu, Bagaimana Cara Mengkonsumsi Mie Yang Sehat

Berikut merupakan tips untuk mengkonsumsi mie yang sehat :

1. Meminimalisir Efek Mie Instan

Jika mempertimbangkan kandungan nutrisi mie instan yang tidak seimbang ditambah dengan bahan-bahan pelengkap yang berisiko bagi kesehatan, sebaiknya Anda membatasi konsumsi mie instan.Sebagai upaya menyeimbangkan gizi pada sajian mie instan, Anda dapat menambahkan beberapa bahan tambahan, seperti telur, ayam, jamur, wortel, kacang-kacangan, kubis, dan bahan-bahan alami lainnya. Jika mungkin, jangan gunakan seluruh bumbu. Batasi setengah takaran saja karena bumbu mie instan mengandung MSG dan banyak garam.

Jika Anda mengonsumsi mie instan secara teratur, pertimbangkan untuk segera menguranginya. Perbanyak konsumsi makanan dengan kandungan nutrisi seimbang, dilengkapi dengan pola hidup sehat seperti tidak merokok dan olahraga secara teratur. Juga ingat untuk membaca label kemasan produk makanan atau minuman untuk mengetahui nilai nutrisi sebelum Anda mengonsumsinya.

2. Menjadi Konsumen Yang Pintar

 Anda dapat melakukan beberapa hal berikut :
  • Hindari konsumsi yang berlebihan.
  • Perbanyak konsumsi makanan yang sehat dan bergizi (bukan makanan cepat saji).
  • Mulai pola hidup sehat (rutin olahraga dan istirahat cukup).
  • Jika memungkinkan, jangan gunakan seluruh bumbu, batasi setengah takaran untuk mengurangi MSG dan garam yang berlebih.
  • Jangan gunakan air kuah bekas memasak mie, anda dapat menggunakan air panas yang baru.
 
Baca Juga :

Posted By : Bahaya Terlalu Sering Memakan Mie Instan

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.