Header Ads

test

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan - Belimbing wuluh diperkirakan berasal dari daratan Malaya khususnya Pulau Maluku. Selanjutnya lama-kelamaan belimbing wuluh tersebar di daerah tropis kawasan Indonesia, Malaysia, Filipina, Myanmar, dan Sri Lanka. Tumbuhan ini memerlukan cahaya matahari yang banyak namun udara lembab untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Tumbuhan ini dapat tumbuh pada ketinggian 5-500 mdpl. Dapat berbuah setelah pohon berumur 3-5 tahun. Penanamannya dapat dilalakukan dengan cara persemaian biji dan cangkok.

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

Berikut merupakan manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan :



Belimbing wuluh dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Cara penggunaannya yaitu dengan cara dikonsumsi dalam bentuk jus. Dosis yang dianjurkan yaitu 0,12 g/20 g BB/hari terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol. Kandungan yang berperan dalam pengobatan ini adalah flavonoid dan saponin. 

Jaman sekarang ini penyakit reumatik tak hanya menyerang orang-orang pada usia lanjut. Namun banyak orang yang masih dewasa dan muda namun sudah terserang reumatik. Untuk mengantisipasi agar hal tersebut tidak semakin memperburuk kondisi tulang dan sendi, anda dapat memanfaatkan belimbing wuluh sebagai salah satu pengobatan.

Kandungan kimia yang berperan dalam proses ini adalah saponin, tanin, asam format, sulfur, dan ekstrak daun belimbing wuluh yang memiliki sifat astrigent yang dapat menghambat melekatnya bakteri S. Mutan pada gigi. Caranya yaitu bisa dengan mengkonsumsi secara langsung atau dengan menggosok-gosokkan pada gigi. Apabila dilakukan secara rutin dan teratur lama kelamaan plak akan hilang dan gigi tampak bersih. 

Bau mulut biasanya disebabkan oleh adanya bakteri pada mulut. Dengan berkumur menggunakan air rebusan buah belimbing dapat menghilangkan bau tidak sedap pada mulut. Selain itu dapat juga dengan mengkonsumsinya sebagai jus.

Posted By : Jelly Gamat QnC

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.