Header Ads

test

Bahaya Jeroan Untuk Penderita Asam Urat

Bahaya Jeroan Untuk Penderita Asam Urat - Apakah anda mengetahui apa itu jeroan.? Pasti sebagian besar masyarakat Indonesia sudah mengetahuinya. Tahukah anda dibalik nikmatnya jeroan terdapat bahaya bagi kesehatan anda. Untuk selanjutnya, berikut merupakan ulasan selengkapnya mengenai bahaya jeroan untuk penderita asam urat.


Apa Itu Jeroan.? Berbahayakah.?

Jeroan adalah bagian-bagian dalam tubuh (hewan) yang sudah dijagal. Biasanya yang disebut jeroan adalah semua bagian kecuali otot dan tulang. Tergantung dari budaya setempat, berbagai bagian jeroan dapat dianggap sebagai sampah atau makanan mahal.

Konsumsi jeroan menjadi suatu hal yang biasa di kalangan masyarakat Asia terlebih Indonesia. Memakan jeroan ternyata juga berkaitan dengan budaya. Pada beberapa kebudayaan tertentu, contohnya di Afrika, jeroan menjadi makanan pada beberapa upacara tertentu. Sebaliknya, pada beberapa suku di Indonesia, jeroan tidak boleh dimakan dan harus dibuang. Pada suku minang misalnya. Anda akan jarang menemukan jeroan dan kulit ayam dimanfaatkan sebagai bahan masakan.


Bahaya Jeroan Untuk Kesehatan Anda.!! Perlu Diketahui

Banyak ahli mengatakan bahwa jeroan mengandung berbagai nutrisi. Namun di samping itu, jeroan juga mengandung berbagai racun. Hati atau liver dan ginjal hewan penuh dengan racun yang disaring dari darah. Beberapa kandungan racun dalam jeroan adalah merkuri, timah, arsenik, kromium, kadmium, selenium dan sebagainya. Fungsi liver pada hewan sama dengan fungsi liver pada manusia. Di dalam liver akan mengendap racun-racun. Mengonsumsi hati sama saja dengan mengonsumsi racun. Berukut merupakan bahaya jeroan selengkapnya.

Menyebabkan Infeksi Parasit

Di dalam organ hewan juga terdapat berbagai parasit yang masuk melalui makanan selama hewan itu hidup. Tidak ada yang tahu bagaimana hewan tersebut makan. Tidak ada yang tahu juga apakah seekor hewan benar-benar terbebas dari parasit. Mengonsumsi jeroan akan meningkatkan risiko terkena infeksi yang diakibatkan oleh parasit di dalamnya.

Meningkatkan Resiko Tingginya Kolesterol

Jeroan mengandung lemak dan kolesterol yang tinggi. Kolesterol yang tinggi dapat menjadi penyebab penyakit jantung koroner, penyebab obesitas, darah tinggi dan penyebab stroke hemoragik. Bagian jeroan yang mengandung penyebab kolesterol tinggi paling tinggi adalah otak, hati dan usus.

Gangguan Pertumbuhan Janin

http://halosehat.com/makanan/makanan-berbahaya/Ibu hamil sangat tidak dianjurkan mengonsumsi jeroan. Zat-zat pada jeroan dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan janin dalam kandungan. Tidak hanya itu, beberapa penelitian menyatakan bahwa konsumsi jeroan oleh ibu hamil dapat menyebabkan alergi. Nutrisi yang diperlukan selama proses kehamilan dapat dicukupi dengan makanan lain selain jeroan.bahaya-konsumsi-jeroan-bagi-kesehatan.


Bahaya Jeroan Untuk Penderita Asam Urat

Pada kasus asam urat, konsumsi makananyang mengandung purin akan menambah penumpukan asam urat. Sebagaimana diketahui, asam urat adalah senyawa alami yang dihasilkan dari proses metabolisme purin atau lebih tepatnya, merupakan sisa metabolisme purin. 

Sementara itu, jeroan mengandung purin yang tinggi, Mengkonsumsi jeroan akan menambah kadar asam urat yang sudah tinggi pada penderita asam urat. Oleh karena itu, jeroan menjadi pantangan makanan bagi penderita asam urat.

Selain tingginya kandungan purin, jeroan yang dikonsumsi juga mengakibatkan efek tertentu yaitu mengakibatkan kerja enzim hipoksantin yang mengolah purin menjadi semakin berat. Dengan demikian, makin banyak tumpukan asam urat dalam darah. Hal ini tentunya membahayakan penderita asam urat yang tertahan ke dalam ruang sendi dapat menambah rasa sakit dan ngilu.



Baca Juga :



Posted By :

Bahaya Jeroan Untuk Penderita Asam Urat




Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.