Header Ads

test

Makanan Yang Disarankan Untuk Penderita Penyakit Maag

Makanan Yang Disarankan Untuk Penderita Penyakit Maag - Sakit maag (indigestion) adalah istilah yang menggambarkan nyeri yang berasal dari lambung, usus halus, atau bahkan kerongkongan akibat sejumlah kondisi. Sebutan lain sakit maag adalah dispepsia. Sakit maag bisa disebabkan oleh banyak hal, di antaranya akibat luka terbuka yang muncul di lapisan dalam lambung (tukak lambung), infeksi bakteri Helicobacter pylori, efek samping penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), dan stres. 



Terkadang konsumsi makanan yang tidak sesuai dapat menyebabkan dampak yang berbahaya bagi penderita penyakit ini. Dan pada artikel kali ini, kami akan membahas sekilas tentang makanan apa saja yang disarankan untuk penderita penyakit maag. Berikut merupakan ulasan selengkapnya.

Makanan Yang Disarankan Untuk Penderita Penyakit Maag

Pada beberapa kasus, sakit maag kronis ini menyebab diare. Ada yang tinjanya menghitam ada pula yang berdarah. Tinja menghitam dan berdarah akibat dinding mucosa lambung terluka karena asam berlebih. Nafsu makan menurun drastis, mulut pun tidak bisa mengecap rasa karena terasa pahit. Hal ini akan membuat nafsu makan menurun, tak berselera lagi untuk makan. Makanan apapun cenderung dimuntahkan. Dalam jangka panjang tubuh akan kekurangan cairan, berat badan akan menyusut drastis.

Kentang Rebus. Kentang rebus bersifat alkali saat pagi dan dapat menetralisir asam lambung sebelum makan makanan lain. Kentang juga sumber karbohidrat yang memberikan rasa kenyang dalam perut. Bubur kentang, jus kentang dapat membantu mengurangi sakit maag.

Brokoli. Brokoli merupakan sumber kalium, sulfur, serta vitamin C yang baik bagi penderita penyakit maag kronis. Sulfur merupakan prekusor glutation yang berperan sebagai antioksidan pelindung terhadap mucosa lambung. Vitamin C berguna untuk memelihara stamina tubuh yang biasanya menurun (drop) saat sakit maag kronis. Sayuran dari bahan sayaur mayur tak berserat dan tidak menimbulkan gas lainnya adalah labu kuning, labu siam, dan wortel.

Bubur Ayam. Begitu sakit maag, makanan lunak seperti bubur amat berguna untuk memperinganka rasa sakit. Bubur bisa ditambahkan dengan telur rebus, telur setengah matang, dengan bumbu kecap asing ditambah kerupuk. Hindari memakan sate jeroan karena sulit dicerna.

Lidah Buaya. Kandungan saponin dalam lidah buaya merupakan antiseptik yang bermanfaat untuk meredakan panas dan juga sebagai penyembuh luka. Senyawa antrakuinon dan kuinon dalam lidah buaya berkhasiat sebagai antibiotik, dan penghilang rasa sakit, sekaligus merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit. Kandungan mukopolisakarida berguna untuk memulihkan radang pada saluran pencernaan dan arthritis.

Sayuran Kol. Kol dikenal mengandung asam amino glutamin untuk meningkatkan aliran darah ke perut, memberikan nutrisi bagi sel dalam lambung, membantu perlindungan pada lapisan mucosa lambung serta mengobati luka pada saluran pencernaan. Meski banyak dihindari karena mengandung gas banyak ahli kesehatan memanfaatkan kol untuk atasi penyakit maag.

Buah-buahan. Buah-buahan juga bermanfaat dapat mengurangi penumpukan zat asam lambung. Buah-buahan seperti pisang, melon, pepaya, dan tomat mengandung kalium yang baik untuk menyeimbangkan pH (derajat asam) dalam lambung.

Permen dan gula-gula. Aktivitas mengunyah bisa merangsang produksi air liur yang bersifat basa, sehingga mampu menetralisir asam lambung. Jangan makan permen karet karena manfaatnya bisa kebalikannya. Kekenyalan menyebabkan produksi asam lambung meningkat berlebih.

Konsumsi suplemen. Penderita perlu memakan makanan atau suplemen yang menyehatkan mukosa lambung.



Baca Juga :


Posted By : Jelly Gamat QnC

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.