Makanan Yang Disarankan Untuk Penyakit Hepatitis A,B,C

Makanan Yang Disarankan Untuk Penyakit Hepatitis A,B,C - Hepatitis adalah peradangan hati yang disebabkan oleh berbagai faktor. Pada umumnya penderita Hepatitis A & E dapat sembuh, sebaliknya B & C dapat menjadi kronis. Virus Hepatitis D hanya dapat menyerang penderita yang telah terinfeksi virus Hepatitis B dan dapat memperparah keadaan penderita. Pada artikel kali ini, kami akan membahas sekilas tentang makanan apa saja yang disarankan untuk penderita penyakit hepatitis A,B dan C. Berikut merupakan Ulasan Selengkapnya.


Makanan Yang Disarankan Untuk Penyakit Hepatitis A,B,C

Untuk makanan yang diperbolehkan bagi penderita liver sebaiknya memilih jenis makanan dalam proses memasaknya melalui penguapan, dikukus atau direbus. Proses memasak makana dengan sistem uap/penguapan sangat baik untuk kesehatan, baik bagi penderita liver itu sendiri juga menghindari penyakit lain seperti kanker, tumor, asam urat, dan sejenisnya. Kenapa demikian ? Sebab jenis memasak dengan proses ini akan terhindar dari lemak yang bisa memicu penyakit kolesterol yang mengakibatkan rematik dan asam urat.

Penderita liver wajib menghindari jenis makanan gorengan, dibakar, diasap atau dipanggang seperti sate dan sejenisnya, sebab makanan dengan proses diasap dan digoreng tidak bisa lepas dari adanya unsur lemak, dan lemak itu sendiri bagi penderita liver akan merangsang hati untuk bekerja keras dalam kondisi tidak sehat (sakit).

Makanan sakit liver menurut para ahli ilmu kedokteran terbaik adalah susu. Susu bagi penderita liver merupakan makanan wajib yang harus dikonsumsi dengan takaran 1 liter susu setiap hari. Buah dan sayuran juga wajib dikonsumsi setiap hari bagi yang menderita sakit liver, dan idealnya mengkpnsumsi buah dan sayuran sebanyak 1 kg perhari. Jadi minum susu serta buah dan sayuran adalah wajib bagi penderita liver sebab buah dan sayuran serta susu merupakan obat penyembuh sakit liver alami. Selain jenis makanan diatas, makanan yang boleh dikonsumsi bagi penderita liver antara lain ayam kampung beserta telurnya, ikan laut, ikan tawar, dan kacang hijau.

Tips Memilih Menu Makanan Bagi Penderita Hepatitis

Berikut merupakan tips memilih menu makanan bagi penderita penyakit hepatitis :
  • Hindari makanan yang dapat menimbulkan gas, seperti timun, ubi, singkong, kacang merah, kol, sawi, lobak, nangka, durian dan lain-lain.
  • Hindari makanan yang telah diawetkan seperti sosis, ikan asin, kornet, dan lain-lain.
  • Pilihlah bahan makanan yang kandungan lemaknya tidak banyak seperti daging yang tidak berlemak, ikan segar, ayam tanpa kulit.
  • Sebaiknya pilih sayur-sayuran yang sedikit mengandung serat seperti bayam, wortel, bit, labu siam, kacang panjang muda, buncis muda, daun kangkung dan sebagainya.
  • Bumbu-bumbu jangan terlalu merangsang. Salam, laos, kunyit, bawang merah, bawang putih dan ketumbar boleh dipakai tetapi jangan terlalu banyak.
  • Hindarkan makanan yang terlalu berlemak seperti daging babi, usus, babat, otak, sum-sum dan santan kental.
  • Hindari penggunaan kelapa, minyak kelapa, minyak hewan, margarin dan mentega.
  • Batasi penggunaan daging hingga 3 kali seminggu, makanlah sering ikan atau ayam tanpa lemak sebagai pengganti.
  • Gunakan susu skim pengganti susu penuh.
  • Batasilah penggunaan kuning telur hingga 3 butir seminggu.
  • Gunakanlah sering tahu, tempe dan hasil olahan kacang – kacangan lainnya.
  • Batasilah penggunaan gula, makanan, minuman manis, seperti : sirup, coca – cola, limun, gula, dodol, tarcis, kolak, es krim, dan sebagainya.



Baca Juga :




Posted By : Jelly Gamat QnC

0 Response to "Makanan Yang Disarankan Untuk Penyakit Hepatitis A,B,C"

Posting Komentar